02 Juni 2010

Pria Juga Perlu Menjaga Penampilan

Penampilan rapih, bersih dan professional mau tidak mau memberikan impresi yang mengesankan bagi siapa saja. Termasuk bagi rekan bisnis atau kolega kerja. Jika selama ini menjaga penampilan dan tubuh lekat dengan image seorang wanita, maka sesungguhnya tidak ada salahnya bagi pria untuk juga merawat dan memperhatikan tubuh dan wajah.

Jangankan ke salon, jarang sekali ada pria yang benar-benar memperhatikan penampilannya. Mereka kebanyakan berpikiran bahwa merawat kulit wajah, mengoleskan lotion dan pergi ke salon hanya dikerjakan wanita. Padahal tidak ada salahnya merawat kulit wajah dan tubuh walaupun Anda seorang pria.

Cutting and shaving

Potong rambut, cukur atau merapikan kumis dan janggut adalah hal yang nomor satu untuk menjaga penampilan pria. Pada beberapa orang pertumbuhan rambut di wajah bisa sangat cepat (± 2 mm perhari) sehingga merapihkan atau bercukur paling tidak dilakukan setiap dua hari. Untuk mendapatkan hasil cukur yang baik dan halus, bebas dari razor burn, iritasi, shave bumps dan lecet, jangan gunakan pisau cukur sekali pakai. Pakai pisau yang berkualitas dan krim cukur yang berbahan dasar glycerin. Bercukurlah dengan sistem wet shaving yaitu dengan membasahi wajah dengan air hangat sebelum diolesi krim pencukur. Teknik ini akan membuat wajah terasa lebih halus karena air hangat atau panas membuka pori-pori, membuat otot wajah menjadi rileks dan melembutkan rambut wajah Anda sehingga lebih gampang untuk di cukur. Untuk after shave, gunakanlah produk yang mengandung asam alfa hidroksi (AHA) atau produk yang mengandung bahan herbal untuk memberikan rasa nyaman.

Membersihkan Wajah

Cara yang sering dilakukan adalah menggunakan pembersih wajah (scrub, cleanser and toner) dalam bentuk facial wash. Aktifitas ini berguna untuk mengangkat segala macam kotoran dan debu yang menempel di wajah. Lakukan setiap kali Anda pulang dari kantor atau sehabis beraktifitas. Jangan gunakan produk yang dikhususkan untuk wanita karena pria memiliki jenis kulit yang berbeda dengan wanita. Kulit pria lebih tebal sekitar 24% dan memiliki kelenjar sebasea sehingga menjadikan kulit berminyak dibandingkan wanita. Dr Philip Williford, seorang profesor ilmu penyakit kulit dan bedah kulit dari Forest University merekomendasikan pembersihan kulit wajah setiap hari dengan produk sabun berformula lembut. Namun, pria dengan kulit sangat kering disarankan untuk mencoba pembersih nonsabun. Jika Anda merasa perlu untuk membersihkan wajah Anda setibanya di kantor, pilihlah kemasan travel yang mudah dibawa-bawa.

Pelembab dan Body Lotion

Perubahan suhu ruang yang ekstrem, sinar UVA dan B, dan polutan yang dihadapi sehari-hari akan mempengaruhi kesehatan kulit. Karena itulah pemakaian pelembab dan body lotion juga direkomendasikan untuk pria. Pilihlah pelembab kulit wajah yang sesuai dengan jenis kulit, usia dan dilengkapi dengan SPF (min.15) untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk UV. Jika aktifitas Anda tinggi, tidak ada salahnya memilih moisturizer yang menutrisi kulit dengan lebih baik seperti vitamin E, shea dan mango seed butter.

Saat ini mulai banyak body lotion yang diproduksi khusus untuk pria. Mungkin terdengar aneh, namun kulit pria pun juga membutuhkan perawatan. Sebelum membeli body lotion, pastikan ingredientnya dari bahan-bahan alami, tidak mengandung pewangi dan pewarna. Kenapa? Karena beberapa bahan yang seringkali ada dalam bodbody lotion seperti dioxine dan beberapa jenis petrochemical bisa berbahaya bagi kulit. Hindari lotion yang mengandung alkohol karena bisa menyebabkan iritasi kulit. Yang jelas, pilihlah body lotion yang terbuat dari bahan alami dan mengandung SPF.

Olah raga

Penampilan yang dandy dan professional tentu saja tidak ada gunanya jika Anda memiliki resiko berbagai penyakit degeneratif dan seringkali kehilangan energi untuk berkonsentrasi pada pekerjaan Anda. Jaga kebugaran tubuh dan penampilan secara keseluruhan dengan aktifitas fisik atau olahraga. Bila dilakukan secara teratur, olahraga meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, sehingga Anda memiliki energi ekstra, mood menjadi lebih baik sehingga kemampuan Anda menyelesaikan masalah dan menjalankan tanggung jawab di kantor menjadi lebih baik. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang bernutrisi seimbang.


Info Jobs, Job Search

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar