14 Juli 2011

Rumah Kayu Terbesar Di Dunia






Rumah Kayu - Rumah Kayu Terbesar Di Dunia Berada Di Indonesia Di Kabupaten Gowa, provinsi Sulawesi Selatan rumah kayu terbesar di dunia yg disebut dgn Balla lompoa.

Rumah Balla lompoa dibangun pada 1936,saat masa pemerintahan Raja ke-35, Andi Mangimangi, Karaeng Bonto Nompo, yg berkuasa sejak 1906 sampai 1946. Rumah ini meru- pakan tempat tinggal raja ke-35 da- lam menjalankan pemerintahannya. Setelah masa pemerintahan raja ke-35 usai lalu digantikan putranya, Andi Idjo, Karaeng Lalollang sebagai raja ke-36, yg berkuasa pada 1946 sampai 1960. Setelah raja ke- 36, sistem pemerintahan dari kerajaan berubah menjadi kepala daerah. Andi Idjo merupakan kepala daerah pertama di tanah Gowa.








Rumah tua tersebut menggunakan kayu bayam dan atapnya juga berasal dari kayu yg disebut sirap. Rumah itu terdiri atas 3 kamar dan aula yg berukuran 12 x 15 meter utk menerima tamu raja.

Kamar yg terletak di bagian tengah ditempati oleh raja dan permaisurinya. Sedangkan kamar lainnya ditempati oleh anak-anaknya. Ketiga kamar tersebut sekarang digunakan sebagai tempat koleksi benda-benda bersejarah (Museum Balla lompoa).

sumber: menjelma.com

Info Terkait:

Rumah Kayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar