25 Juli 2011

Sisi Positif Beryoga + Beribadah


Banyak anggapan bahwa yoga haram , karena merupakan akivitas berbasis agama tertentu. Padahal, perpaduan antara olah raga, olah pikir, dan olah jiwa ini bersifat universal. Bahkan gerakan yoga bisa dipadukan pula dengan zikir.




Berzikir atau mengingat Allah membuat hidup menjadi lebih tenang dan tenteram. Beryoga membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Jadi, memadu yoga dengan zikir mempunyai manfaat ganda. Selain sehat secara lahir, juga sehat secara batin. Seperti yang tercantum dalam Alquran, Surat Ar-Ra’ad: 28: ’’Ketahuilah dengan mengingat Allah menjadi tenteramlah hati....’’

Contoh Gerakan Ada beberapa contoh gerakan yoga yang bisa dipadukan dengan zikir. Pertama, posisi mengayun bahu. Dalam hal ini, kedua kaki dibuka lebar dan kedua tangan menempel di lantai. Jari-jari menghadap keluar.

Pelan-pelan bawa tangan kanan ke atas sambil mengambil nafas, pandangan mata mengikuti gerak telapak tangan. Bersamaan dengan gerak tangan dan ambil nafas, Anda dapat mengucapkan Allahu Akbar sebanyak lima kali.

Kemudian saat menurunkan tangan kembali ke bawah sambil membuang nafas, Anda juga mesti mengucap kata yang sama sebanyak lima kali. Lakukan bergantian tangan kanan dan kiri minimal lima kali tarikan nafas pada masing-masing tangan. Manfaat gerakan ini adalah untuk peregangan di sekitar bahu, leher, dan pinggul. Jangan lupa untuk tetap melakukan pemanasan sebelum latihan dan pendinginan sesudah latihan.Gerakan dalam memadu yoga dan zikir ini sama dengan gerakan dalam senam yoga lainnya. Hanya dalam beberapa gerakan disisipi dengan berzikir. Seperti mengucapkan kalimat tasbih, tahmid, takbir, maupun tahlil. Selamat mencoba!


Info terkait - yoga haram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar