25 Juli 2011

Senam Yoga Mampu Sembuhkan Alergi


Yoga menjadi salah satu alternatif pilihan olahraga yang memiliki banyak manfaat, sehingga makin banyak orang mengikuti kelas-kelas yoga. Salah satu manfaat yoga adalah mengurangi alergi. Setiap bernapas, orang menghirup partikel seperti debu, kuman, asap, bulu dan polutan (semua yang dapat menyebabkan alergi). Hidung berfungsi sebagai penyaring udara alami, melindungi tubuh dari kotoran.
Pernapasan adalah elemen inti dari yoga. Bernapas melalui hidung, seperti yang dilakukan dalam Ayurvedic dan yoga tradisional dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh.Di antara teknik-teknik penyembuhan diri, napas bekerja dengan unik karena bernafas adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kesadaran, memelihara dan memperbaiki sistem tubuh lainnya. berikut teknik pernapasan


pada latihan yoga yang dapat mengurangi alergi:

1. Tarik napas melalui hidung dengan kemampuan penuh
2. Tahan napas
3. Ambil napas sedikit lagi, dan tahan. Ulangi sekali lagi. Latihan ini akan meningkatkan kemampuan paru-paru dan otot interkostal (otot-otot antara paru-paru yang membantu pernapasan).
4. Tahan selama 10 hitungan
5. Perlahan-lahan hembuskan napas melalui hidung, menggunakan otot perut untuk mendorong sedikit udara keluar.

Bagi penderita alergi, setelah melakukan teknik pernapasan ini, sebaiknya melakukan pencucian hidung (nasal rinsing). Hal ini untuk mengurangi partikel-partikel yang tetap terhirup di hidung dan sinus, yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi.


Info terkait – Yoga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar