14 Juli 2011

Mengenal Bahaya di Balik Sandal Gladiator





Sandal - Sandal gladiator seringkali dijadikan pilihan wanita karena modelnya yg unik dan nyaman dipakai. Namun menurut pakar kesehatan, sandal tersebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan kaki. Simak alasan mengapa sandal ini tidak baik utk dikenakan sehari-hari, seperti dikutip Times of India.

“Sandal gladiator memang trendy, tapi memakai sandal tersebut tidak baik utk kaki.” Ucap Lorraine Jones dari Chiropodists, podiatrists dan Chiswick Feet, lembaga yg memperhatikan kesehatan dan penyakit pada kaki.

Lorraine menambahkan, "sandal gladiator adalah sandal yg paling buruk di antara sandal lainnya. Mengenakan sandal tersebut dapat menegangkan urat Achilles yg terdapat pada belakang tumit dan otot-otot pada betis. Rasa sakit akan terasa setelah dua minggu setelah menggunakannya."

Biasanya sol sandal gladiator terbuat dari bahan kulit yg tidak mampu menahan goncangan pada kaki terutama kaki bagian bawah. Selain itu, jika Anda memakainya terlalu sering, bahan dari kulit sol juga dapat meningkatkan risiko tumit sakit yg disebut plantar fasciitis.

Seperti yg dikutip dari detikhealth, plantar Fasciitis menyebabkan rasa sakit yg biasanya terjadi saat menjejakkan kaki pertama kali di pagi hari. Rasa sakit kembali muncul ketika berdiri terlalu lama atau beranjak dari tempat duduk. Plantar fasciitis ini terutama sering terjadi pada pelari, orang yg kelebihan berat badan, wanita yg hamil dan orang-orang yg gemar memakai sepatu dgn kurang dukungan.

Namun tidak selamanya memakai sandal gladiator berpengaruh pada kesehatan kaki. Sisi positifnya, sandal tersebut memiliki tali-tali yg dapat menahan kaki, tidak seperti filp-flop atau sandal jepit. Walau bagaimanapun juga, menggunakan sandal gladiator setiap hari bukanlah ide yg baik. Gunakanlah sandal tersebut hanya utk acara-acara tertentu saja.

Sumber: wolipop.com

Info Terkait

Sandal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar