04 Juli 2011

Dengan Bermusik Bikin Kuping Awet Sampai Manula

Kebanyakan orang mengalami gangguan pendengaran ketika beranjak tua. Kita mungkin perlu mengeraskan volume TV atau radio sedikit. Atau kita mungkin bisa mendengar tetapi kurang jelas. Tetapi peneliti mendapati pemusik profesional maupun amatir memiliki kemampuan yang berbeda ketika mendengarkan percakapan di ruangan yang bising.


Kraus mengepalai studi yang melibatkan 18 musisi dan 10 non musisi yang berumur 55-65 tahun, pendengaran mereka diuji untuk membedakan suara percakapan ditengah latar belakang suara yang bising. Peneliti juga menguji ingatan mereka akan apa yang didengar dan dilihat serta seberapa cepat mereka mengerti apa yang didengar, kesemuanya adalah keterampilan penting dalam memainkan alat musik.

Tujuannya untuk melihat apakah pengalaman membedakan satu suara dari latar suara yang kompleks dan mengingat urutan bunyi akan membawa perbaikan pendengaran pada usia tua. Penelitian membuktikan bahwa memainkan alat musik meningkatkan kemampuan mendengar dan memahami apa yang kita dengar.

Gangguan pendengaran dialami ketika seseorang beranjak tua, namun memainkan musik secara rutin di masa muda akan membantu mengurangi berkurangnya pendengaran. Orang-orang yang lebih tua dalam studi itu-yang mulai bermain alat musik ketika berusia sembilan tahun atau lebih muda dan bermain musik sepanjang hidupnya-mengalahkan kelompok yang bukan musisi kecuali pada unsur memori visual.

Studi yang menunjukkan bagaimana latihan musik membantu pendengaran dalam usia lanjut ini diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Info Terkait - alat musik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar