13 Juli 2011

Baju Kaftan Untuk Busana Di Hari Raya


Baju Kaftan - busana asal Timur Tengah, kian digemari oleh masyarakat Indonesia. Semakin banyak perempuan, termasuk artis atau selebritas yg mengenakan busana panjang dan longgar ini.

Bentuk baju kaftan merupakan perkembangan dari bentuk dasar kutang atau tunika yg dipotong bagian tengah muka sehingga terdapat belahan pada bagian depan pakaian. Orang-orang Babylonia telah lama menggunakannya sebagai penutup badan bagian atas. Bentuk baju kaftan yg asli masih dipakai oleh petani di Mesir. Di Indonesia dikenal dgn nama kebaya, di Jepang dikenal dgn kimono dan di negara-negara Timur Tengah dikenal dgn jubah. Baju kaftan berbentuk baju panjang yg longgar, sisi lurus, berlengan panjang dan ada belahan pada tengah muka. Dgn kata lain bentuk kaftan memiliki ciri khas, mempunyai belahan di sepanjang tengah muka dan memakai lengan. Belahan ini ada kalanya disemat dgn peniti dan ada juga yg dibiarkan lepas (tidak disemat).

Di tangan amy seorang desainer, baju kaftan tampil mewah, elegan dan glamour yg menggabungkan dgn nuansa India.

Kehadiran payet-payet itu disesuaikan dgn bentuk tubuh calon pemakainya. Ciri khas busana yg berukuran panjang itu tetap dipertahankannya, begitu juga dgn lengan panjang.

Ada beberapa pilihan kombinasi. Misalnya, busana one piece panjang dan mengembang pada bagian bawah. Ada pula busana kebaya panjang dipadukan dgn celana panjang warna senada. Busana itu hampir mirip dgn busana ala India.

Seperti terlihat pada busana warna oranye. Bahan tule berpinggir dilengkapi dgn payet-payet itu ditempatkan pada dada dan leher, sehingga motifnya terpusat pada bagian tengah. Pada bagian lain terdapat payet-payet yg bertaburan.

Kreasi lainnya terlihat dari bentuk leher yg berbeda-beda. Ada yg memiliki belahan pada bagian depan, dan ada pula di bagian belakang. Bentuk lehernya juga bervariasi, seperti modifikasi leher kebaya, krah Shanghai atau bentuk segi empat.

Sumber: cybertravel.cbn.net.id

Info Terkait:

Baju Kaftan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar