16 Desember 2009

Tips Sederhana Memilih Produk Kecantikan



Sikap kritis terhadap produk kecantikan penting dilakukan. Jangan mudah terjebak pada khasiat yang dijanjikan produk kecantikan.

Dokter Husniah Rubiana Thamrin Akib, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, memaparkan sejumlah tips sederhana menghindari jebakan produk kosmetika berbahaya.

Sebelum membeli suatu produk, penting bagi konsumen untuk memastikan produk tersebut legal. Biasakan diri memeriksa nomor izin edar pada kemasan. Setiap produk resmi memiliki nomor izin edar.

Selanjutnya, pastikan produsen
produk kecantikan atau kosmetika tersebut memang mengeluarkan varian produk yang hendak Anda beli. "Karena banyak yang nebeng nama produk ternama dengan dalih varian baru, padahal perusahaan asli tidak ngeluarin varian produk tersebut," ujarnya.

Husniah lantas mencontohkan kasus Ponds dan Olay yang namanya dicatut untuk melabeli produk kosmetika berbahaya, yaitu Ponds Detox Complete Beauty Care Make Up Kit, dan Olay 4 in 1 Complete Make Up.

Kedua varian produk yang mengandung zat Merah K.3 dan K.10 itu ternyata tak pernah diluncurkan perusahaan aslinya. "Sepertinya keduanya itu bukan produk asli karena perusahaan Ponds dan Olay tidak mengeluarkan varian itu," ujarnya.

Produk-produk yang memberikan efek positif dalam waktu singkat juga perlu diwaspadai. Misalnya, dalam hitungan hari wajah menjadi lebih putih setelah memakai produk perawatan wajah mengandung pemutih. "Karena kalau kandungan zat di dalamnya baik, prosesnya tidak akan secepat itu," ujarnya.



http://kosmo.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar