31 Desember 2009

Info Mengenai Terapi Flek

Bagaimana flek diterapi?

Walaupun belum ditemukan obat mujarab untuk flek, banyak terapi telah dikembangkan untuk flek. Flek dapat menghilang setelah penyebabnya dihindari, namun dapat juga menetap seumur hidup. Perkiraan apakah flek ini dapat dihilangkan atau tidak hanya dapat ditentukan dengan pemeriksaan lampu khusus.

Tabir surya merupakan bagian terpenting dari terapi flek. Tabir surya harus digunakan setiap hari, baik kondisi cuaca luar yang mendung atau terik, di luar ruangan ataupun di dalam ruangan. Kita tetap akan terpapar ultraviolet disaat kita berjalan di luar, menyetir motor, dan bahkan hanya duduk dekat jendela.

Setiap pembersih wajah, krim, atau make-up yang mengiritasi kulit harus dihentikan karena dapat memperburuk flek. Jika flek didapat setelah mengkonsumsi pil KB, biasanya flek ini akan membaik jika pil KB dihentikan.

Sejumlah krim pencerah tersedia untuk pengelolaan flek. Krim-krim ini tidak “memutihkan” kulit dengan cara merusak sel penghasil warna kulit, namun lebih bersifat menekan aktivitas sel penghasil pigmen ini. Krim-krim yang banyak dijual bebas terkadang mengandung bahan pemutih yang berbahaya. Krim ini terkadang dapat membantu mengurangi flek yang ringan ataupun terkadang bila tidak diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien malah dapat menimbulkan efek samping. Dokter spesialis kulit seperti dokter muka/wajah umumnya menggunakan kombinasi bahan-bahan pencerah yang disesuaikan dengan kondisi pasien, sehingga diperoleh hasil yang lebih baik dan aman, selain itu juga pengobatan juga dibawah pengawasan langsung oleh Dokter Spesialis Kulit Anda. Biasanya, dibutuhkan waktu minimal 3 bulan untuk mendapatkan efek terapi flek yang memuaskan. Sangat penting bagi pasien untuk mengikuti arahan dan petunjuk dokter spesialis kulit anda (missal dokter muka/wajah) sehingga diperoleh efek terapi maksimal dari rejimen terapi dan terhindar dari iritasi dan efek samping lainnya.

Peeling kimiawi, mikrodermabrasi, dan bedah laser dapat membantu dalam pengelolaan flek, namun hasilnya bervariasi. Jika dikerjakan oleh tenaga-tenaga yang tidak terlatih dan tidak berpengalaman, prosedur-prosedur ini memiliki potensi memperburuk flek. Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Eropa, biasanya, tindakan-tindakan ini hanya dikerjakan oleh Dokter Spesialis Kulit dan disertai dengan rejimen pengobatan berupa pemakaian krim-krim yang diresepkan sesuai dengan kondisi dan tipe kulit anda. Masyarakat perlu berhati-hati dengan iklan atau propaganda yang menyatakan dapat mengobati flek dalam waktu singkat tanpa supervisi karena cara-cara ini tidak memiliki landasan ilmiah dan dapat menimbulkan efek samping serta komplikasi yang akan merugikan pasien sendiri.

Pengelolaan flek membutuhkan pendekatan komprehensif dan profesional oleh Dokter Spesialis Kulit Anda. Menghindari paparan sinar matahari, penggunaan tabir surya, pemakaian bahan-bahan pencerah, dan perawatan yang seksama dari Dokter Spesialis Kulit Anda akan memberikan hasil semaksimal mungkin.

dokterkulitku.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar