24 Desember 2009

Operasi Wajah Pada bagian Dagu Bikin Wanita Pede


Dagu adalah salah satu elemen wajah yang seringkali menjadi daya pikat tersendiri. Tidak kalah bersaing dengan bagian wajah lainnya seperti mata dan bibir, dagu memang dapat menjadi penambah nilai estetika bagi wajah seseorang. Entah itu dari samping, ataupun dari depan.

Bentuk dagu yang diminati perempuan seringkali dengan model yang agak mancung dan dengan belahan di tengah dagu bagi para pria. Cara yang seringkali ditempuh pun sudah cukup familiar, yaitu melakukan Operasi Wajah atau operasi plastik.

Tindakan operasi apa saja yang dilakukan untuk perbaikan dagu?

Operasi augmentasi dagu dapat dilakukan dengan menggunakan implan seperti yang biasa dilakukan untuk operasi memancungkan hidung atau dengan membentuk tulang dagu tanpa implan, yaitu dengan memajukan tulang dagu itu sendiri. Pada beberapa pasien, tindakan ini dapat dilakukan bersamaan dengan tindakan liposuction (sedot lemak) daerah bawah dagu dan rahang bawah untuk membentuk jaw line (garis rahang) yang lebih baik.

Pemilihan jenis tindakan yang akan dilakukan tergantung pada kekurangan yang didapat pada dagu masing-masing pasien. Biasanya sebelum memilih tindakan, dilakukan diskusi mengenai apa yang diinginkan pasien dan kemudian dilakukan perencanaan akan kemungkinan tindakan yang sesuai dengan kondisi pasien. Pada konsultasi ini, ahli bedah akan memeriksa wajah secara keseluruhan termasuk tekstur kulit dan tulang serta menjelaskan tindakan operasi yang akan dilakukan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk operasi?

Untuk operasi wajah pada bagian dagu dengan menggunakan implan biasanya selesai dalam waktu satu jam. Sedangkan untuk operasi dengan membentuk tulang memerlukan waktu yang sedikit lebih lama. Semua tindakan ini bersifat day-surgery, dimana pasien dapat pulang pada hari yang sama setelah operasi dan tidak perlu rawat inap. Untuk operasi penambahan implan dapat dilakukan pembiusan lokal, sedangkan untuk operasi dengan membentuk tulang dilakukan dengan pembiusan umum, bersama dengan ahli bius yang kompeten.

Bagaimana dengan bekas pada wajah?

Untuk tindakan augmentasi saja atau membentuk tulang wajah, semua dilakukan dengan membuat luka di dalam mulut. Jahitan akan diserap dengan sendirinya, sehingga tidak memerlukan pengangkatan jahitan dan bekas luka tidak akan terlihat pada wajah. Jika tindakan pembedahan disertai dengan tindakan sedot lemak pada daerah dagu dan bawah rahang, akan diperlukan luka sekitar 3 mm di bawah dagu dan belakang telinga. Tapi jangan cemas, umumnya bekas luka ini tidak terlihat setelah operasi wajah.

Berapa lama proses penyembuhannya?

Sebagaimana tindakan Operasi Wajah umumnya, pasien akan merasa dan tampak lebih baik dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya segera setelah operasi, ahli bedah akan memasang taping (plester) di daerah dagu untuk mengurangi bengkak dan nyeri. Plester ini akan dilepas dalam waktu beberapa hari. Bengkak dan kebiruan biasanya akan hilang dalam waktu satu minggu. Tingkat nyeri biasanya minimal dan dapat dikontrol dengan obat minum. Sebagaimana tindakan operasi wajah umumnya, pasien akan merasa dan tampak lebih baik dalam waktu yang relatif singkat.

hanyawanita.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar