13 September 2011

Pilih EO Kudu yang Berkualitas

Profesi EO ( Event Organizer) makin menjadi ramai belakangan ini, karena, semua orang yang sempat berurusan dengan event, entah sebagai apa, beberapa mengklaim dirinya sebagai Event Organizer. Tapi, nggak semuanya bersikap profesional sebagaimana event organizer harus bersikap kepada client-nya dan pihak pendukung. Dari salah satu milis, ada client pengguna jasa EO yang marah besar, complaint habis-habisan karena ia merasa ditipu dengan orang yang mengklaim dirinya sebagai EO.


Tidak ada standarisasi resmi dari profesi ini, memang menjadi celah, buat oknum oportunis yang hanya mencari keuntungan sesaat. Meskipun ada beberapa penggiat bisnis ini yang sudah mulai mempersatukan diri dengan membuat komunitas EO, namun, secara legal, standarisasi itu tak pernah ada. Kalaupun ada, khususnya bagi exhibition organizer atau mereka yang konsisten dalam bisnis MICE.

Seolah mudah mengorganisasikan sebuah acara, ketika kita melihat dari kacamata orang awam, memang benar! Karena kita lihat semuanya berjalan dengan baik, flow sebuah acara mengalir lancar, ( sisi penikmat ), tapi bisakah anda bayangkan betapa rumitnya pengorganisasian sebuah acara besar, betapa berisiknya channel HT yang digunakan untuk komunikasi, bahkan tak jarang, cacian dan seisi kebun binatang keluar, hanya untuk mempertegas bahwa team EO harus mampu menampilkan yang terbaik, tanpa cela sedikitpun diatas panggung.

Karena itulah, bagi anda yang ingin memilih event organizer untuk mengorganisasikan acara anda, mari lebih teliti dan lebih jeli, dalam melihat rekam jejak calon EO yang akan anda pilih. Buktikan keabsahan apa yang ia sampaikan secara detail, perjelas event apa saja yang pernah ditangani, kalaupun ia adalah seorang profesional, di bagian mana saat event itu ia bertanggung jawab. Dengan begitu, oknum oportunis yang mengklaim sebagai EO tapi tak lebih dari sekedar perantara, tidak lagi mendapat celah untuk menipu anda dengan pekerjaan yang tidak profesional dan mengecewakan. Mari kita buat waktu kita untuk lebih banyak belajar menjadi profesional, menjadi EO yang membayar kepercayaan client-nya dengan pekerjaan yang membuat senyum mereka mengembang puas.

Info terkait - Event Organizer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar