15 September 2011

Paket Umroh Yang Di Jadikan Dalih Penipuan

Secara ritual, umroh selesai dalam setengah hari saja karena rangkaiannya hanyalah berniat di tempat yang ditentukan (miqat), lalu tawaf (mengelilingi Kakbah), sa’i (berjalan dan lari-lari kecil antara Bukit Shofa dan Marwa, keduanya kini dalam Kompleks Masjidil Haram) dan tahallul (menggunting sebagian rambut sebagai akhir dari umroh). Umroh bisa diulang kapan pun dan sesering apa pun sesuai yang dikehendaki masing-masing jamaah.


Karena ibadahnya yang singkat, banyak penyedia jasa layanan paket umroh yang mengombinasikannya dengan liburan. Supaya masih ”berbau” ibadah, lokasi liburan yang dipilih biasanya di kota-kota besar negara Muslim dan dipadu dengan paket ziarah. Lokasi tambahan biasanya adalah Mesir, Turki, bahkan Masjidil Aqsa di Palestina.

Secara umum, para biro jasa mematok harga Rp 20 juta – Rp 30 juta untuk umroh reguler dan hingga Rp 70 juta untuk umroh plus wisata.

Yang membedakan paket termahal dengan paket termurah adalah penginapannya saja. Kalau memilih paket termahal, pelanggan mendapatkan penginapan di hotel berbintang 5, sedangkan paket termurah penginapan hotel berbintang 4. Selain harga, layanan pasti juga menjadi jualan para biro haji dan umroh. Selain fasilitas fisik seperti pilihan maskapai penerbangan, hotel, dan angkutan lokal, sejumlah biro layanan haji dan umroh juga berlomba di aspek non fisik.3

Info terkait - paket umroh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar