06 September 2011

Peluang Bisnis Modal Kecil Melalui Briket Sampah



Peluang Bisnis Modal Kecil - Semakin mahalnya harga minyak tanah setelah program konversi gas digulirkan, membuat peluang usaha briket sampah makin terbuka lebar. Masyarakat seharusnya bisa menangkap peluang tersebut mengingat ketersediaan bahan baku sangat memadai.

Hal itu diungkapkan Basriyanta, dosen Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), Saat inilah waktu yg tepat mengembangkan peluang bisnis modal kecil usah briket sampah, karena peluang besarnya cukup tinggi,katanya.

Menurutnya, dgn ditariknya minyak tanah bersubsidi membuat sebagian masyarakat akan beralih ke bahan bakar alternatif yg lebih murah. Salah satunya adalah briket sampah. Di daerah pedesaan, potensi sampah organik tergolong besar. "Selama ini sampah organik hanya dibuang begitu saja. Padahal, sampah-sampah itu bisa diolah menjadi barang komersial," katanya.

Tuk membangun usaha pembuatan briket sampah, lanjut Basiyanta, masyarakat bisa membuat kelompok usaha. Lewat kelompok dana yg dikeluarkan tuk modal akan lebih ringan. "Modalnya tidak terlalu besar karena bisa menggunakan peralatan-peralatan sederhana seperti drum dan pipa tuk alat pengepresan," katanya.

Muryanto pembicara lainnya mengatakan, proses pembuatan briket sampah diawali dari pembakaran sampah hingga menjadi arang. Selanjutnya arang digiling lalu dicampur dgn perekat dan dicetak. Agar tampilan menarik, briket-briket itu dikemas dalam plastik yg sudah diberi label.

Cetakannya bisa bermacam-macam tergantung selera seperti kubus, silider, atau persegi panjang. Harga jualnya berkisar Rp 2.000-2.500 per kilogram," katanya.

Sumber: kompas.com

Info Terkait:

Peluang Usaha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar