06 September 2011

Tips Mudah Mengajarkan Balita Bahasa Inggris



Kursus Bahasa - Banyak orangtua yg mengirimkan anaknya ikut kursus bahasa Inggris. Alasannya, agar tidak tertinggal dan dapat mengikuti perubahan yg begitu cepat. Padahal usia buah hati masih balita. Sementara, mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Indonesia pun masih belum lancar. Berikut adalah beberapa hal yg harus Anda ketahui jika Anda berniat mengikutkan anak ke kursus bahasa Ingris.

· Anda bisa memilih, ikut kursus bahasa atau memanggil guru privat ke rumah. Jika ikut kursus, anak dapat bersosialisasi dgn teman sebaya, dan ini akan menimbulkan semangat belajar. Selain itu, fasilitas belajar yg lengkap juga akan membantu memacu kreativitas mereka. Sementara jika Anda memilih kursus privat, perkembangan kemampuan belajar anak dapat dipantau secara baik, sehingga kurikulum yg diberikan bisa disesuaikan dgn kemampuan anak, tak perlu mengikuti kurikulum baku.

· Pilih tempat kursus bahasa yg mempunyai sistem pengajaran yg baik. Kalau perlu survei lebih dulu. Anda bisa bertanya ke pengelola atau orang tua lain yg sudah ikut kursus. Selain itu, fasilitas belajar apa saja yg disediakan, seperti buku-buku, komputer, dan alat permainan dan peraga.

· Jumlah anak yg terlalu banyak dalam satu kelas juga menyebabkan acara belajar dan mengajar tidak akan berlangsung secara efektif.

· Kegiatan berlajar tak hanya di tempat kursus. Di rumah pun, Anda harus rajin mengulang-ulang kata-kata yg telah dipelajari, agar anak terbiasa dgn kata-kata tersebut. Pengulangan juga melatih lafal bahasa Inggris yg benar dgn cara memperbaiki pengucapan anak yg salah.

· Ingat benar bahwa pengajaran tuk anak usia balita adalah dgn cara bermain. Misalnya, dgn menggambar, bernyanyi, atau bercerita. Kosa kata yg dipelajari pun sebaiknya kata yg sehari-hari digunakan seperti angka, anggota tubuh, ucapan salam, ucapan permintaan dan sebagainya.

Sumber:kompas.com

Info Terkait:

Kursus Bahasa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar