12 September 2011

Tips Dan Trik Merawat Simbal Pada Drum

Membersihkan alat musik cymbal mungkin masih merupakan hal yang 'mistery' bagi sebagian drummer. Ada beberapa yang mencoba membersihkan cymbal dengan Braso, tetapi itu sebenarnya salah! Braso itu bukan untuk membersihkan perunggu (bahan dasar cymbal) tapi untuk kuningan, cymbal yang dibersihkan dengan braso akan rusak penampilannya. (menjadi hitam dan coklat). Sebaiknya kamu menggunakan pembersih cymbal yang dikeluarkan oleh merk cymbal itu sendiri. Jangan sampai pembersih cymbal Zildjian digunakan untuk membersihkan cymbal Paiste, atau sebaliknya. Hasilnya tentu akan kacau. Tetapi pembersih cymbal Zidjian dapat digunakan pada cymbal Sabian juga, karena coating pada cymbal Zildjian dan Sabian sama. Dibawah ini adalah langkah-langkah cara membersihkan cymbal yang baik:

  • · Gunakan cleaning cream sepanjang 1 cm untuk membersihkan 1/2 bagian cymbal splash 10". (untuk ride 20", 1 cm untuk membersihkan 1/5 bagian).
  • · Jika sudah menjadi hitam merata, kamu bisa menge-tes 'kemampuan cymbal cleaner itu. Gosok saja pada satu spot dengan kain/tissue yang bersih, warna cymbal yang cemerlang sudah mulai terlihat. Tapi kamu tidak bisa menghilangkan semua noda hitam itu hanya dengan kain/tissue.
  • · Untuk membersihkan warna hitam itu secara tuntas, gunakan shampo dengan sedikit air. (sebagian besar shampo bisa kok), tapi jangan Natur, sorry Agnes! :)
  • · Ratakan shampo itu dengan tangan sambil agak ditekan sedikit sehingga warna hitamnya terangkat. Jika sudah merata, bilas cymbal itu dengan air dan keringkan dengan kain yang bersih. Jangan samapi ada air tersisa karena air akan merusak cymbal jika dibiarkan lama.
  • · Yup, selesai. Good as new! :) Selamat mencoba. Recomended cleaner: Zildjian Cleaning Cream untuk Zildjian, Sabian, Ufip dan Instanbul.

Semoga berguna

Info terkait – alat musik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar