04 Maret 2011

Terobosan Obat Jerawat Untuk Lawan AIDS


Obat jerawat yg sudah dikenal selama bertahun-tahun dan berharga murah ternyata mampu mencari target sel imun yg terinfeksi, seperti virus HIV yg sedang tidur, sebelum mereka kembali dan menyebarkan infeksi.

Para peneliti dari Amerika Serikat mengatakan, obat antibiotik, minocycline, yg selama ini lebih banyak dipakai untuk obat jerawat, punya kekuatan untuk melawan HIV. Jika obat jerawat ini ditambahkan ke dalam standar terapi pengobatan AIDS, hasilnya diyakini akan lebih besar lagi.

"Saat ini, fokus para ahli dalam mengatasi HIV adalah menjaga agar virusnya tetap terkunci dalam keadaan tidur. Apabila obat-obatan yg ada saat ini efektif untuk mencegah terjadinya replikasi virus, minocycline adalah senjata lain untuk melawan virus," kata Janice Clement, profesor molekuler dari Johns Hopkins University School of Medicine, AS.

Dia menambahkan, minocycline bekerja dgn target sel imun, yg disebut sel-T, dan membuatnya tidak bisa bereproduksi. Dgn demikian, HIV jadi sulit untuk menyebar dan menyebabkan AIDS.

"Obat ini akan memberikan hasil yg baik karena targetnya sangat spesifik," kata Gregory Szeto, yg meneliti tentang virus di laboratorium. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Infectious Diseases.

Sumber: kesehatan.kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Obat Jerawat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar