01 Maret 2011

Efek Samping Dari Obat Penumbuh Rambut



Penumbuh Rambut - Sebagian orang berpendapat bahwa botak itu seksi. Namun, lebih banyak orang yg tak pede jika rambutnya sering rontok dan mulai botak. Karena itu, obat penumbuh rambut termasuk produk perawatan tubuh yg banyak dicari.

Salah satu obat penumbuh rambut yg cukup laris di Inggris, Fiansteride, disebut-sebut memiliki efek samping bagi kesehatan seksual pria.

James (26) dari Edinburgh, salah seorang pengguna Fiansteride, mengaku mulai merasakan efek samping obat ini. "Obat ini sebenarnya cukup efektif untuk mengatasi rambut rontok. Namun, saya mulai merasakan kehilangan gairah seksual," katanya.

Ia kemudian menghentikan pemakaian Obat Penumbuh Rambut tersebut. "Saya berhenti minum obat ini karena saya kesulitan ereksi dan mulai impotensi," katanya. Perusahaan pembuat Obat Penumbuh Rambut ini, Merck, mengatakan bahwa efek samping kesulitan ereksi memang bisa terjadi. Namun, jumlahnya kecil, kurang dari 2 persen. Setelah tiga bulan mengalami impotensi, James mendatangi dokter dan mendapatkan terapi testosteron. Saygnya, terapi itu tidak berhasil. "Enam bulan kemudian saya ditawari implan pada ***** karena cara lain tidak mendatangkan hasil," keluhnya.

Kasus yg dialami James, menurut tim dokter di Amerika dan Irlandia, cukup banyak terjadi. Mereka juga menyaygkan produsen Obat Penumbuh Rambut karena tidak mencantumkan efek samping itu dalam labelnya.

Merck selaku produsen Obat Penumbuh Rambut mengatakan bahwa kasus yg terjadi pada James sangat jarang. Mereka juga mengklaim terus melakukan pengawasan dan meningkatkan keamanan produknya.

Sumber: health.kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Lifestyle

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar