21 Januari 2011

Ingin Langsing Tapi Sehat? Ini Tipsnya!



langsing

LANGSING - Kebanyakan diet populer tidak berhasil mempertahankan kelangsingan dalam jangka panjang. Sesungguhnya ada cara-cara gratis yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penurunan berat badan secara permanen.

1. Olahraga
Agar bisa tetap langsing, dalam jangka panjang butuh bantuan olahraga, setidaknya 30 menit lima kali seminggu. Bila tak sempat olahraga, lakukan jalan kaki di sela-sela waktu bekerja atau lakukan pekerjaan rumah tangga. Lebih baik lagi jika kita jalan pagi bersama teman, ikut keanggotaan pusat kebugaran atau klub olahraga.

2. Latihan beban

Alasannya, latihan beban membentuk jaringan otot di tubuh kita. Semakin banyak jaringan otot yang dimiliki, semakin banyak jumlah kalori yang dibakar, meskipun sedang istirahat sekalipun.

Dalam buku Strong Women Stay Slim, Mirian Nelson, peneliti dari Tuft University, membuktikan bahwa wanita yang ikut diet plus melakukan latihan beban, bisa memangkas 44 persen lebih banyak lemak dibandingkan dengan mereka yang hanya berdiet. Senam aerobik hanya membakar kalori. Perlu dibantu latihan beban untuk membakar kalori lebih banyak lagi.

3. Catat makanan setiap hari
Sempatkan membuat catatan mengenai makanan yang kita makan seharian, kadar lapar sebelum makan dan emosi. Catatan harian ini akan memberi kesadaran baru.

4. Fokus tetap sehat bukan jadi langsing.

Lebih banyak orang berhasil langsing dalam jangka panjang ketika mengubah motivasinya dari ingin langsing menjadi ingin lebih sehat. Ubahlah mindset mengenai makanan yang bikin tubuh sehat daripada makanan yang bikin kita gemuk.

5. Kontrol porsi makanan
Sadari jumlah makanan yang disantap setiap kali makan. Minta porsi setengah ketika makan di restoran yang menyajikan porsi besar. Perhatikan kadar lapar ketika makan dan berhentilah makan ketika merasa sudah nyaman, bukan kekenyangan.

6. Turunkan bobot perlahan
Sadari bahwa penurunan berat badan yang cepat hanya menghilangkan air dan otot, bukan lemak. Padahal, otot diperlukan untuk menjaga kadar metabolisme. Bila otot berkurang, metabolisme melambat dan ujungnya, tambahan kalori akan diubah menjadi lemak. Berkurangnya kadar lemak ubuh akan efektif bila penurunan berat badan terjadi perlahan. Penurunan berat yang sehat tidak lebih dari setengah hingga satu kilogram per minggu.

7. Makan secara perlahan
Makan perlahan-lahan adalah cara yang baik menurunkan berat badan. Dari waktu pertama menyantap makanan, otak butuh waktu 20 menit untuk memberikan sinyal bahwa perut sudah penuh. Karena itu, nikmatilah setiap gigitan. (GHS/diy)

female.kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar