05 Januari 2011

Benarkah Obat pelangsing tubuh Berakibat Menopause Dini?


Pelangsing Tubuh. Mempunyai tubuh ideal tentunya menjadi impian dari semua perempuan. Karena itulah banyak perempuan yg berusaha melangsingkan tubuh bahkan dgn cara instan yaitu minum obat pelangsing atau pelangsing tubuh. Padahal minum obat pelangsing atau pelangsing tubuh yg salah bisa bikin perempuan menopause di usia muda.

"Banyak pasien saya yg mengeluhkan tidak haid gara-gara minum obat pelangsing atau pelangsing tubuh. Ada juga yg baru 2 bulan minum. Ternyata obat pelangsing atau pelangsing tubuh yg dia minum bikin indung telurnya rusak jadi mengakibatkan menopause dini," jelas dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter spesialis ginekologi dari RS Pusat Pertamina.

Obat pelangsing atau pelangsing tubuh Mengakibatkan Menopause Dini?

dr Frizar menjelaskan, pada umumnya obat pelangsing atau pelangsing tubuh yg dibeli tanpa resep dokter memang dapat membuat perempuan langsing dgn cara instan. Tapi efeknya, obat pelangsing atau pelangsing tubuh yg sembarangan tersebut dapat menyebabkan perempuan buang air kecil secara berlebihan.

"Nah, kalau si perempuan pipis banyak secara terus-menerus, sirkulasi darah di indung telurnya menjadi terganggu dan rusak. Kalau sudah rusak, indung telur atau ovarium itu nggak bisa diperbaiki lagi, akhirnya bisa-bisa tidak haid dan menjadi menopause di usia muda," tambah dr Frizar.

Apa Akibatnya Jika Terjadi Menopause Dini?

Berdasarkan hasil studi, perempuan yg mengalami menopause dini sebelum usia 46 tahun memiliki risiko dua kali lipat terkena serangan jantung, stroke dan gangguan kardiovaskular lainnya.

Selain penyakit kardiovaskular, menopause dini juga menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti osteoporosis, kanker ovarium dan usus besar, penyakit gusi (periodonyal), kehilangan gigi dan katarak.

Hal ini terjadi karena adanya pengurangan pasokan alami hormon estrogen yg terlalu awal, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon serta fungsi organ dalam tubuh dan perubahan dalam kesehatan secara keseluruhan.

Menurut dr Frizar, jika seorang perempuan ingin memiliki tubuh yg langsing, sebaiknya jangan menggunakan cara instan seperti minum obat pelangsing atau pelangsing tubuh sembarang.

"Kalau ingin langsing ya rubah gaya hidupnya yg tidak sehat, perbanyak olahraga dan makan serat dari buah dan sayur, bukan dgn minum obat pelangsing atau pelangsing tubuh sembarang. Akibatnya bisa berbahaya. Kalau pun mau minum obat pelangsing atau pelangsing tubuh, sebaiknya juga harus dalam mengawasan dokter yg ahli," tutup dr Frizar

Sumber: www.detikhealth.com

Temukan Info Lain Seputar Pelangsing Tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar