11 April 2011

Tips Membaca Label Kosmetik


Lotion Pemutih Kulit - Kalau Anda perhatikan, saat ini makin banyak produk kosmetik dan lotion pemutih kulit yg mengandung teknologi modern yg sering sudah dimengerti. Biar tak salah memilih, kami beri panduannya untuk Anda.

Alcohol Free

Dalam dunia kosmetik, kata alkohol merefer pada ethyl alkohol. Meski tertulis alcohol free, namun mungkin saja tetap mengandung alkohol jenis lain, misalnya cetyl, stearyl, cetearyl, atau lanolin alcohol. Efek dari bahan-bahan ini terhadap kulit berbeda dgn etyhil alkohol. Alkohol yg sering membuat kulit kering seperti isopropyl alcohol, jarang dipakai dalam produk kosmetik.

Not Tested on Animals

Meski peringatan ini menyiratkan produk ini tidak dicobakan pada hewan, tapi beberapa kandungan mungkin saja perlu dilakukan uji coba pada hewan. Carilah kata "no new testing" atau "not currently tested". FDA sendiri tidak membuat definisi legal untuk kata ini.

Hypoallergenic cosmetic

Ini berarti produk kosmetik atau lotion pemutih kulit tersebut mengklaim tidak menyebabkan reaksi alergi atau efek samping alergi yg lebih kecil dibanding produk lain. Meski begitu belum ada prosedur standar yg dipakai untuk memastikan suatu produk tidak menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Noncomedogenic

Peringatan ini berarti produk dan lotion pemutih kulit tersebut tidak mengandung bahan-bahan yg sering menyebabkan pori-pori tersumbat dan bisa menimbulkan jerawat.

Expiration date (shelf-life)

Setiap produk kosmetik wajib mencantumkan tanggal kedaluwarsa dalam kemasannya. Menyimpan kosmetik dalam tempat yg lembab atau hangat seperti kamar mandi akan membuat kosmetik lebih cepat kedaluwarsa.

Kandungan berbahaya

Berhati-hatilah membeli produk atau lotion pemutih wajah yg tidak memiliki nomor registrasi di Departemen Kesehatan. Sejumlah razia yg rutin dilakukan pemerintah kerap menemukan produk pemutih kulit (skin lightening) yg mengandung merkuri (Hg), hidrokinon lebih dari dua persen, pewarna rhodamin B dan metanil yellow. Pemakaian merkuri dapat mengakibatkan kanker dan radang otak karena zat tersebut ikut larut dalam peredaran darah.

Sumber: kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Lotion Pemutih Kulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar