01 Oktober 2009

Tips Sebelum Menjalani Operasi

Anda atau keluarga anda sedang gundah akan menjalani operasi? Apakah itu Operasi Bibir, mata, ginjal atau jantung. Jika anda punya waktu untuk mempersiapkan diri, sebaiknya baca sekilas beberapa tips di bawah ini yang mungkin bisa menurunkan kecemasan anda.

1. Minta penjelasan secara detail kepada dokter bedah yang akan mengoperasi anda. Dari alasan pembedahannya, persiapan yang diperlukan, perawatan pasca operasinya, masa penyembuhan termasuk mungkin teknis operasi dan bagian mana saja dari tubuh anda yang dilukai.

2. Kenali Dokter Bedah anda lebih jauh. Tapi biasanya, anda datang berkonsultasi kepada dokter yang sudah anda pernah kenal sebelumnya bukan? Atau anda datang ke dokter ini dari rekomendasi teman atau orang lain. Kalau tidak, anda tentu boleh tahu dong reputasinya, bagaimana background-nya terutama pengalamannya (Perhimpunan Dokter) mengambil operasi seperti pada kasus yang sedang anda alami. Apakah bisa dinilai dari penampilan atau cara memberikan konsultasi, terserah anda yang menilai…

3. Cari informasi dari orang lain yang sudah pernah menjalani jenis operasi yang sama. Setidaknya anda mendapat tambahan bayangan bagaimana dan proses apa saja yang akan anda alami nantinya. Tentu ini tidak kalah penting karena infonya berasal dari orang yang mengalami langsung, bukan saja dari orang yang akan mengerjakan anda (dokter bedah).

4. Pilih rumah sakit dan kelas perawatan yang pas untuk anda. Pada masa sekarang karena suatu aturan, seorang dokter hanya dibolehkan melakukan layanan pada tempat tertentu. Jadi sudah mejadi hubungan antara dokter yang anda pilih dengan rumah sakit dimana anda akan dirawat. Begitu pula kalau anda dicover oleh asuransi atau Jasa Asuransi Kesehatan, biasanya tempat layanan beserta dokternya telah juga ditentukan. Kalau masih boleh memilih, tidak ada salahnya kalau anda membandingkan beberapa rumah sakit, terutama soal pembiayaan dan kwalitas pelayanannya.

5. Jaga kondisi dan puasa yang cukup jika diperlukan. Jaga kesehatan anda dengan istirahat yang optimal dan makanan yang baik beberapa hari sampai sebelum anda masuk ke rumah sakit. Stabilkan kondisi fisik dan mental anda. Jika merasa ada suatu yang mengganggu kesehatan anda jangan segan2 menyampaikan hal ini kepada dokter anda karena keadaan badan pre-operatif sangat berpengaruh sekali terhadap jalannya dan hasil operasi yang akan dilakukan.

6. Siapkan mental dan berdoa. Yakinkan diri anda akan membaik selesai operasi dan berdoalah untuk itu. Jangan sekali-kali anda merasa ragu atau tidak siap atau bahkan menanyakan hal yang sama berulang-ulang kepada dokter anda sesaat sebelum anda dibius. Ini akan menimbulkan beban psikologis kepada tim bedah anda yang bisa berpengaruh juga terhadap hasil operasinya. Percayakan dan berserahlah. Pasti dokter anda akan mengerjakan yang terbaik yang bisa ia kerjakan.

7. Demi tenangnya juga, mintalah orang terdekat –suami, istri, saudara, pacar, anak atau siapa saja- untuk mendampingi anda sesaat sebelum masuk ruangan kamar operasi. Mungkin ada hal2 yang privasi perlu anda ungkapkan kepada mereka…

spesialisbedah.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar