27 Oktober 2009

Konsumen Perlu Hati-hati Memilih Kosmetik



Masyarakat harus ekstra hati-hati dalam memilih Paket Kosmetik dan obat-obatan. Belum lama ini telah ditemukan banyak obat-obatan dan kosmetika bermasalah. Operasi yang dilakukan oleh BPOM terhadap obat-obatan dan paket kosmetik tersebut ditemukan mengandung bahan-bahan kimia.

Produk Manajer Wardah Kosmetik, Mariani Pujiastuti, mengharapkan konsumen harus lebih berhati-hati dalam memilih paket kosmetik. Konsumen musti lebih memperhatikan manfaatnya. Jangan hanya tergiur oleh promosi paket kosmetik dengan menjanjikan wajah cantik dan kulit putih mulus secara cepat, tapi perlu juga diperhatikan kandungannya. Dan jangan juga hanya melihat hargan paket kosmetiknya yang murah.

Untuk kosmetika ditemukan kandungan kimia yang berasal dari merkuri (Hg) atau air raksa inorganic dan rhodamin, yaitu bahan yang menyebabkan kanker kulit ganas. Merkuri dalam krim pemutih bisa menimbulkan keracunan jika digunakan untuk waktu lama. Meskipun hanya dioleskan ke permukaan kulit merkuri mudah diserap darah, lalu memasuki system saraf tubuh.

“Secara scientist tidak mungkin bisa putih hanya 2 sampai 3 hari. Mungkin hanya dengan merkuri,” ungkap Mariani.

Efek dari penggunaan paket kosmetik seperti ini akan berakibat pada kesehatan yang akan menyebabkan kerusakan pada kulit wajah berupa iritasi kulit, pengelupasan kulit, hipopigmentasi, karsinogenik teratogenik, dan jerawat batu yang berkepanjangan.

pkesinteraktif.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar