07 Oktober 2009

Cara Merawat Kulit Kering

Banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering, sensitif dan tidak sehat. Diantaranya adalah perubahan cuaca, sinar matahari, polusi dan penggunaan paket kosmetik yang tidak tepat. Kulit yang sehat terasa kenyal saat disentuh dan tidak kusam. Kadang kala jenis kulit kita bisa berubah tergantung pada agresi yang dating dari luar dan dalam, seperti perubahan hormone. Gangguan tersebut bisa menyebabkan regenerasi kulit menjadi lambat sehingga lapisan tanduk (stratum korneum) menjadi tebal. Kulit pun menjadi kering, kasar, dan kusam. Sebenarnya kulit kering tidak berbahaya, tetapi bisa membuat kosmetik tidak bisa menyatu dengan sempurna di wajah, dan tentu saja membuat kulit lebih cepat keriput.

Untuk merawat kulit yang kering sebaiknya menggunakan pelembab cream massage sekaligus pelindung kulit dari bahaya sinar matahari. Gunakan mouisturizer paling tidak dua kali dalam sehari. Ini untuk meningkatkan lapisan pelindung kulit serta meningkatkan kadar kelembaban kulit. Bisa juga menggunakan masker yang disesuaikan dengan jenis kulit, serta melakukan scrubbing atau facial agar sel kulit mati terangkat dan pelembab bisa bekerja dengan baik.

Dan perlu diingat hindari produk-produk yang bisa membuat kulit bertambah kering, misalnya sabun batangan serta produk yang mengandung alkohol, seperti toner. Hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit, misalnya menghindari terlalu lama berada di bawah ruangan ber-AC, memilih produk kecantikan yang berbahan dasar air tinggi, serta cukup minum air putih dan makanan bergizi. Sekali-kali melakukan cocunat spa atau jenis spa lain.

http://id.shvoong.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar