11 Maret 2010

Taukah Anda dengan Mineral Make Up?

Produk mineral make-up merupakan salah satu tren yang paling cepat berkembang di industri kosmetik dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang tertarik menggunakan make-up alami ini karena faktor fleksibilitas, kemudahan penggunaan, serta formulanya yang ringan yang jelas tidak membuat muka menjadi berminyak.

Akan tetapi, tidak semua orang mengerti apa yang disebut mineral make-up serta bagaimana keunggulannya dibandingkan produk kosmetik biasa.


Bahan alami
Mineral make-up terbuat dari pigmen alami bumi dan bersifat non-comodegenic (tidak menyumbat pori yang bisa menyebabkan komedo). Produk ini tidak mengandung wewangian, bahan pengawet, talc, zat pewarna, alkohol atau zat kimia apa pun sehingga bisa menjadi solusi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Mayoritas orang bisa menggunakan produk ini tanpa mengalami masalah.

Mineral
make up memiliki kandungan titanium dioksida (titanium dioxide) dan seng oksida (zinc oxide) yang berfungsi menghaluskan kulit dan melindunginya dari bahaya sinar matahari. Namun, yang terpenting adalah produk make-up ini tidak mengandung senyawa-senyawa penyebab iritasi seperti bahan kimia tambahan dan wewangian.


Keunggulan lain dari mineral
make up professional adalah fungsinya sebagai concealer dan foundation sekaligus, tetapi tetap terasa ringan di kulit.


Kontroversi
Akan tetapi, beberapa pihak tidak setuju dengan klaim yang dibuat soal keunggulan mineral make-up. "Terus terang, saya pikir mineral make up professional hanya rencana pemasaran yang jenius--cara baru untuk menjual bahan-bahan yang sama yang secara teknis telah digunakan dalam kosmetik selama bertahun-tahun," ujar dermatologis dan ahli kimia farmasi Ben Kaminsky, penulis buku Beyond Botox : 7 Secrets for Sexy, Ageless Skin, seperti dikutip situs webmd.com.

Bahan utama (seperti mineral mika, seng oksida, dan titanium dioksida), kata Kaminsky, telah menjadi bahan baku kabanyakan foundation selama puluhan tahun. Ia juga mengatakan, mineral make-up tidak memiliki bahan istimewa untuk kesehatan atau kecantikan.


"Mineral
make up dapat menyebabkan masalah yang sama dengan produk kosmetik lainnya. Mineral make-up tidak lebih murni dibandingkan make-up tradisional; tidak ada bukti ilmiah tentang hal itu," katanya.


www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar