04 Februari 2010

Teliti dan Perhatikan Komposisi Krim Pemutih Kulit


Masih ingatkah Anda dengan penyitaan 70 merek kosmetik asal China yang tidak memiliki ijin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Nah, dengan terbukanya perdagangan bebas atau AFTA, sebagai konsumen Anda harus kritis dalam memilih berbagai produk kosmetik yang ditawarkan. Kebanyakan produk tersebut tidak lolos ijin edar dan standar keamanan bahan kandungan dari BPOM. Bahkan tak jarang, kosmetik-kosmetik itu beredar tanpa mencantumkan komposisi bahan atau tanpa merek.

Nah, sebagai calon konsumen dari produk-produk Pemutih Kulit tersebut kita seharusnya tahu apa dan bagaimana ciri-ciri kosmetik yang dilarang karena tidak lulus standar. Setidaknya ada empat bahan yang saat ini sudah dilarang untuk digunakan dalam bahan kosmetik, yaitu merkuri, hydroquinon, rhodamin, dan Retin-A.

Keempat bahan itu memang bekerja untuk memutihkan wajah secara cepat. Misalnya untuk menghilangkan jerawat, untuk menghilangkan noda hitam di wajah dan untuk memutihkan. ''Namun, kosmetika tersebut akan menyebabkan ketergantungan jika kita tidak lagi memakainya. Dari kebanyakan pasien yang datang, wajah mereka jadi menghitam dan timbul jerawat parah. Padahal awalnya wajah mereka tidak berjerawat,'' jelas Dr Retno I. Tranggono, SpKK, pendiri Ristra Institute of Skin and Health.

Keempat bahan tersebut sebenarnya dilarang, karena pada dasarnya tidak cocok untuk kulit manusia. Jika tetap digunakan efeknya bukan hanya merusak kulit, tetapi juga mengakibatkan kanker kulit dan kanker sistemik. Contohnya kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru-paru, dan kanker lainnya yang menyerang organ vital tubuh.

''Tidak ada cara yang instan untuk hasil yang sehat. Sebab kosmetika yang aman akan memberikan hasil bertahap,'' jelas Dr Retno.

Jika produk-produk Pemutih Kulit tersebut ternyata tidak cocok dengan kulit Anda, Anda dapat memperhatikan reaksinya pada kulit Anda. Oleskan produk tersebut di bagian leher atau lengan lebih dulu, karena kedua bagian tubuh tersebut amat sensitif.

''Ada yang bisa memberikan efek penolakan kalau kulitnya sensitif. Namun ada yang bertahap, misalnya setelah tidak lagi menggunakan pemutih itu kulit mukanya menjadi belang, bengkak, dan mengelupas,'' jelasnya.

Karena bahan yang dilarang itu juga kerap digunakan untuk lipstik, coba rasakan juga apakah bibir Anda terasa gatal atau memerah akibat penggunaan lisptik tertentu. Jika ya, segera hentikan penggunaannya.

female.kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar