26 Januari 2010

Bisnis Salon dan Kebugaran Tubuh Kini Kian Moncer Saja



Bisnis salon dan kebugaran tubuh. Kedua-duanya, selain memerlukan ketrampilan (kursus salon) khusus, juga membutuhkan kreatifitas yang memadai untuk menjalankannya. Kedua bisnis ini merupakan bisnis jasa yang banyak dibutuhkan orang.

Di negara-negara seperti Amerika, Jepang, Korea dan beberapa negara maju lainnya, profesi dan pemilik bisnis salon dan kebugaran tubuh merupakan orang kelas menangah atas, dan merupakan bisnis dengan prestise tersendiri. Di Indonesia, jenis bisnis ini baru berkembang secara masif lima tahun terakhir, dan pertumbuhan bisnis ini sangat menggembirakan.

Menurut Budi Setiawan, pemilik bisnis (kursus salon) Salon Budi Setiawan yang kini salonnya telah go nasional ini, perkembangan bisnis salon kecantikan di kota-kota besar, telah menjadi bagian dari identitas bisnis profesional yang membanggakan.

“Kalau dulu pebisnis salon itu masih dianggap sebagai bisnis sampingan yang belum masuk hitungan. Tetapi sekarang membuka bisnis salon adalah sebuah bisnis profesional yang memberikan banyak keuntungan,” cetusnya.

Pasarpun, menurutnya, juga semakin meluas. Berdandan, nyalon, meski hanya menjadi kebutuhan tersier, tetapi pasarnya sangat luas. Lihat saja, hampir semua gerai salon yang berada di mall atau pusat bisnis selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Hal serupa juga ***ngkapkan Yulia Astuti, pemilik bisnis Salon Moz5 (Baca : Salon Muslimah). Salon yang didirikannya beberapa tahun lalu perkembangannya cukup pesat, terlebih setelah dikembangkan secara kemitraan.

Bisnis Salon Moz5 berdiri karena banyak pelanggan salon khusus wanita yang menginginkan perawatan rambut dan tubuhnya dikerjakan oleh sesama wanita, sehingga lebih nyaman. Dalam mengembangkan bisnisnya (kursus salon), Yulia, juga memiliki model bisnis yang memungkinkan investor dapat menjalankan bisnis dengan mudah karena telah ada standart operating procedure (SOP) yang dibuat sehingga bisnis dapat dijalankan dengan mudah.

Produk-produk kosmetik Indonesia telah tumbuh menjadi industri besar di Indonesia, dan mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Industri pendukung perawatan tubuh yang diproduksi industri rumah (kursus salon) tanggapun, semisal body lotion, body cream srub, shower cream, messege oil, asensial oil, serta berbagai kebutuhan perawatan kecantikan lainnya yang memanfaatkan bahan-bahan alami kekayaan asli Indonesia kini tumbuh subur, dan menjadi industri kreatif yang peluang bisnisnya juga tak kalah menariknya.

Seperti yang ***ngkapkan Laila Asri, pemilik bisnis Pourvous, yang memproduksi natural handmade body care dan aroma therapy ini, bisnis di bidang produk-produk kecantikan memiliki peluang yang menggiurkan. Salah satunya adalah dengan menjadi reseller.

Meningkatnya bisnis salon (kursus salon), kebugaran tubuh, dan industri kosmetik serta produk-produk kecantikan lainnya yang diproduksi UKM Indonesia memberikan angin segar yang menggembirakan, selain karena pasar domestik yang luar biasa besar, kemungkinan pasar ekspor juga sangat terbuka lebar.

Sepertinya, bisnis Salon dan Kebugaran Tubuh kini kia moncer saja. Siapa tertarik?

majalahwk.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar