13 September 2011

Trik Perawatan Tanaman Dan Taman Tropis

Menata taman tropis memang terlihat mudah tetapi tetap membutuhkan kecermatan sehingga taman rumah tidak terlihat terlalu rimbun. Meskipun taman tropis mengutamakan kesan yang liar dan berantakan, namun bukan berarti Anda tidak perlu melakukan perawatan. Tidak sulit kok membuat taman tropis tampak indah dan terawat. Berikut tips merawat taman tropis, lihat yuk!!!


Pemangkasan

Tujuannya untuk menjaga bentuk taman seperti ide awal desain. Lakukan pemangkasan pada tanaman berkayudan penjarangan untuk tanaman yang beranak setiap 1 bulan sekali.

Pemupukan

Gunakan pupuk lambat urai, dosis dan frekuensi pemakaian sesuaikan dengan yang tertera pada kemasan. Pada tanaman yang lambat tumbuh atau perlu dirangsang agar berbunga, berikan pupuk tambahan, seperti Growmore dan Hyponex. Cara aplikasi dengan disemprot. Bila disiram gunakan setengah dosis anjuran.

Penggemburan tanah

Ini perlu dilakukan karena tanah makin lama makin keras akibat pemupukan. Caranya cungkil ringan tanah seperti saat membajak sawah, lalu isi dengan campuran pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Ketebalan sekitar 2 cm. Lakukan 3 bulan sekali atau paling lambat 1 tahun sekali.

Pengendalian HPT

Hama yang paling banyak menyerang ialah ulat, kutu, bekicot, dan nematoda. Penyakit terutama cendawan dan busuk fusarium. Bila tingkat serangan rendah, atasi dengan cara mekanis-dibuang satu per satu. Serangan parah, gunakan pestisida, seperti Curacron, Decis, dan Metaphar. Untuk pencegahan taburkan Furadan.

Taman tetap terawat dan tetap simple bukan?

Info terkait - taman rumah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar