13 September 2011

Tips Memperindah Tampilan Rumah Hoek



Desain Arsitek – Tuk posisi rumah yg dgn letak di sudut atu hoek, sering menjadi pusat perhatian.soalnya, rumah tipe ini memiliki dua dinding langsung bersebrangan dgn jalan utama.

Berikut tips tampil menawan tuk rumah Hoek

Memaksimalkan tampilan

Agar tampil menawan, Anda dapt memaksimalkan fasad yg sangat dibutuhkan demi kualitas bangunan. Pastikan fasad dan kualitas memiliki satu kesatuan konsep jelas dan terencana. Walaupun keduanya memiliki peran penting, Anda wajib menentukan hierarki pada keduanya.

Mana yg lebih utama? Biasanya, area pintu masuk utama dibuat lebih menonjol dibandingkan sisi lainnya. Sementara dari sisi fungsi, kedua muka dimaksimalkan dgn memberbanyak bukaan agar rumah sehat dan nyaman.

Garis sempadan

Anda harus memperhatikan Garis Sempadan Bangunan (GSB) dan Garis Sempadan Jalan (GSJ) yg merupakan batas dinding terdepan rumah pada sebuah persil. Lebih mudahnya, ukuran GSB adalah setengah jalan di depan rumah.

Karena posisinya di hoek, GSB harus diperhatikan kedua mukanya, sedangkan GSJ adalah batas terdepan pagar yg boleh didirikan. Dgn memperhatikan GSB dan GSJ, Anda akan menciptakan lahan atau ruang terbuka antara dinding rumah dan pagar rumah dgn baik.

Di lahan ini, Anda tidak diperkenankan mendirikan bangunan masif. Potensi ini dapat Anda manfaatkan dgn membuat taman. Keberadaan taman dapat mempercantik tampilan wajah bangunan

Peduli keamanan

Keamanan di rumah hoek artinya peduli dgn keselamatan pengguna jalan. Apalagi, bila jalan tersebut merupakan area dgn aktivitas padat. Satu hal yg wajib diketahui adalah jangan membuat pagar solid.

Anda memang harus memaksimalkan ketinggian pagar 80 sentimeter. Ini tuk memudahkan para pengguna jalan, khususnya pengemudi kendaraan tuk melihat jalanan. Apabila pagar Anda memakai tanaman, usahakan jangan memilih yg lebat karena akan menutupi pandangan.

Sumber:kompas.com

Info Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar