13 September 2011

Renovasi Rumah: Merubah Area Bawah Tangga Jadi Kamar Mandi Tamu



Renovasi Rumah - Memaksimalkan potensi ruang di bawah tangga, biasanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan atau kamar mandi tamu. Sebagai kamar mandi tamu, area di bawah tangga ini lebih mudah dijangkau agar tamu tidak perlu masuk ke dalam kamar mandi pemilik rumah.

Berikut tips renovasi rumah tuk area bawah tangga menjadi kamar tamu:

· Ukurlah ketinggian langit-langit di area bawah tangga tersebut. Tuk merenovasi kamar mandi yg nyaman setidaknya orang harus dapat berdiri tegak di dalamnya. Ketinggian yg nyaman sekitar 2 meter.

· disebabpka tangga tidak sama tinggi, ada bagian langit-langit yg lebih rendah bila dibandingkan bagian lainnya. Manfaatkan bagian yg rendah sebagai area penyimpanan peralatan kamar mandi seperti tisu atau sabun.

· Buat level lantai lebih rendah daripada level lantai bagian luar kamar mandi tersebut. Tujuannya, apabila ada air di dalam kamar mandi, air tersebut tidak akan ke luar dan menggenangi ruang lainnya. Penurunan level lantai yg umum dibuat adalah sekitar 5 sentimeter.

· Area bawah tangga ukurannya mungil, tuk itu perhatikan sirkulasi udara. Usahakan ada akses udara masuk dari luar ke dalam. Sehingga kamar mandi tidak menjadi lembab dan menjamur. Tuk menghemat tempat, buatlah bukan berupa lubang angin berkisi-kisi agar udara tetap masuk tetapi hewan-hewan kecil terhalang.

· Di dalam kamar mandi, pencahayaan memegang peranan penting. Pastikan penerangan buatan di dalam kamar mandi ini. Lebih baik lagi jika memungkinkan dibuat jalan masuk cahaya alami, seperti kaca yg terhubung ke luar rumah. Cahaya matahari baik tuk menghalau kelembaban ruangan serta berkembangnya jamur dan kuman.

· Karena letaknya di bawah tangga, tidak semua fungsi kamar mandi dapat terakomodasi. Yg terpenting, bagi sebuah kamar mandi tamu adalah keberadaan kloset dan wastafel. Ini karena umumnya tamu hanya menggunakan kamar mandi tuk buang air dan mencuci tangan.

sumber:kompas.com

Info Terkait:

Desain Arsitek

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar